Home » Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Melaksanakan Pendampingan Petani Panen Jagung

Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Melaksanakan Pendampingan Petani Panen Jagung

Info Kaltara

Tanjung Selor, Anggota Koramil 0903-04/Tpu, Babinsa Sertu Imam Masengut, telah menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam mendukung para petani di wilayahnya dengan melaksanakan pendampingan panen jagung di lahan milik Bapak Kanap yang terletak di Mangkadak, Desa Kelubir, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan pendampingan ini bukanlah hal yang baru bagi Sertu Imam Masengut. Sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa), tugas dan tanggung jawabnya tidak hanya terbatas pada aspek keamanan, tetapi juga mencakup pembinaan masyarakat dalam berbagai sektor, termasuk pertanian. Pertanian merupakan sektor vital bagi masyarakat Desa Kelubir, dan panen jagung adalah salah satu momen penting yang menentukan kesejahteraan para petani di daerah tersebut.

Pada saat kegiatan panen, Sertu Imam Masengut turut serta membantu proses pemetikan dan pengumpulan jagung. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan arahan dan motivasi kepada para petani untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Kehadirannya di tengah-tengah para petani memberikan semangat dan rasa aman, serta membangun hubungan yang lebih erat antara TNI dan masyarakat.

“Pendampingan ini adalah wujud nyata dari upaya TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Kami ingin memastikan bahwa petani dapat melaksanakan panen dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar Sertu Imam Masengut.

Bapak Kanap, pemilik lahan jagung yang mendapatkan pendampingan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Sertu Imam Masengut dan Koramil 0903-04/Tpu. “Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. Selain membantu secara fisik, kehadiran beliau juga memberikan motivasi dan dukungan moral bagi kami para petani,” katanya.

Pendampingan oleh Babinsa dalam kegiatan panen ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Kolaborasi antara TNI dan petani adalah langkah positif dalam memperkuat sektor pertanian lokal, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional.

Kegiatan seperti ini juga menegaskan peran multifungsi TNI di tengah masyarakat, tidak hanya sebagai penjaga kedaulatan dan keamanan negara, tetapi juga sebagai mitra yang aktif dalam pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Dengan adanya dukungan dari Babinsa seperti Sertu Imam Masengut, diharapkan petani di Desa Kelubir dan sekitarnya dapat terus semangat dalam berusaha tani dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi. Keberhasilan panen jagung ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa dengan kerja sama yang baik, hasil yang maksimal dapat dicapai untuk kesejahteraan bersama.

BERITA LAINNYA