Home ยป Babinsa Pos Ramil Salimbatu Hadiri Pembukaan Pelatihan Teknik Produksi Lipat Ganda (Proliga) Cabai Merah dan Pengenalan Teknik Digital

Babinsa Pos Ramil Salimbatu Hadiri Pembukaan Pelatihan Teknik Produksi Lipat Ganda (Proliga) Cabai Merah dan Pengenalan Teknik Digital

Info Kaltara

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-01/Tpl Babinsa Pos Ramil Salimbatu Serma Yasmin hadiri kegiatan pembukaan Pelatihan Tehnik Produksi Lipat Ganda (Proliga) Cabai Merah Dan Pengenalan Teknik Digital bertempat di Rumah kelompok Tani Sumber pangan bapak Supri Sp 7 Desa Salimbatu RT 23 Jalan Cendrawasih Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para petani dalam memproduksi cabai merah secara lebih efisien dan berkelanjutan, serta mengenalkan penggunaan teknologi digital dalam bidang pertanian. Teknik Produksi Lipat Ganda (Proliga) merupakan metode pertanian yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas tanaman cabai merah dengan cara yang lebih efektif.

Serma Yasmin menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Kelompok Tani Sumber Pangan dalam menyelenggarakan pelatihan ini. “Pelatihan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan petani, sehingga mereka dapat mengoptimalkan hasil pertanian mereka. Selain itu, pengenalan teknik digital akan membantu petani dalam mengakses informasi dan teknologi terbaru yang dapat mendukung kegiatan pertanian,” ujar Serma Yasmin.

Bapak Supri, Ketua Kelompok Tani Sumber Pangan, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. “Kami berharap, dengan mengikuti pelatihan ini, para petani dapat menguasai teknik Proliga dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka,” kata Supri.

Para peserta pelatihan terlihat antusias mengikuti setiap sesi yang disampaikan oleh para instruktur. Mereka belajar berbagai teknik mulai dari persiapan lahan, pemilihan bibit, penanaman, hingga perawatan tanaman cabai merah. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan aplikasi digital yang dapat membantu dalam monitoring pertumbuhan tanaman dan pengelolaan hasil panen.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah, yang terus mendorong penerapan teknologi modern dalam sektor pertanian. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para petani di Desa Salimbatu dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam bercocok tanam dan mampu meningkatkan hasil produksi mereka secara signifikan.

Pelatihan ini juga merupakan bagian dari program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Bulungan, yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Kolaborasi antara TNI dan kelompok tani seperti ini diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan tersebut.

Dengan adanya pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan, diharapkan para petani dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dan berkontribusi secara maksimal dalam mendukung ketahanan pangan di daerah mereka. Serma Yasmin menyatakan komitmennya untuk terus mendampingi dan memberikan dukungan kepada para petani dalam berbagai kegiatan pertanian di wilayah binaannya.

BERITA LAINNYA