Home ยป Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Dampingi Petani Tanam Ubi Jalar di Desa Panca Agung

Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Dampingi Petani Tanam Ubi Jalar di Desa Panca Agung

Info Kaltara

Tanjung Selor, Anggota Koramil 0903-04/ Tpu Babinsa Sertu Sutarno melaksanakan Pendampingan petani dalam rangka tanam ubi jalar bersama masyarakat milik bapak Samuri dengan luas lahan -+ 1/4.Ha. Pok Tani Makmur Desa Panca Agung, Kec Tanjung Palas Utara, Selasa (11/6/2024).

Pendampingan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari peran aktif TNI dalam membantu meningkatkan ketahanan pangan di daerah. Sertu Sutarno bersama para petani setempat bekerja sama dalam mempersiapkan lahan, menanam bibit ubi jalar, serta memberikan pemahaman mengenai teknik-teknik pertanian yang lebih efektif dan efisien.

Sertu Sutarno menjelaskan bahwa pendampingan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar lebih semangat dalam mengelola pertaniannya. “Kami berharap, dengan adanya pendampingan ini, para petani bisa lebih memahami teknik-teknik pertanian yang baik dan benar sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka,” ujar Sertu Sutarno.

Bapak Samuri, pemilik lahan, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh Babinsa dan anggota Koramil. “Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa yang memberikan bimbingan dan bantuan dalam kegiatan pertanian ini. Semoga hasil panen kami nanti bisa lebih baik dan melimpah,” kata Samuri.

Kelompok Tani Makmur di Desa Panca Agung memang dikenal aktif dalam mengembangkan berbagai komoditas pertanian. Pendampingan yang dilakukan oleh TNI ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya dalam meningkatkan produksi pertanian.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah yang fokus pada peningkatan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. Dengan adanya kerjasama antara TNI dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud swasembada pangan di Kabupaten Bulungan.

Selain pendampingan dalam penanaman ubi jalar, Babinsa juga memberikan penyuluhan tentang cara merawat tanaman dan menghadapi hama yang sering menyerang tanaman ubi jalar. Para petani tampak antusias mengikuti arahan dan bimbingan yang diberikan, dengan harapan dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Pendampingan oleh TNI seperti ini diharapkan terus berlanjut di masa mendatang, tidak hanya pada komoditas ubi jalar tetapi juga pada komoditas pertanian lainnya. Dengan demikian, ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bulungan dapat terus meningkat.

BERITA LAINNYA