Home ยป Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Dampingi Petani Panen Padi di Desa Panca Agung

Babinsa Koramil 0903-04/Tpu Dampingi Petani Panen Padi di Desa Panca Agung

Info Kaltara

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/Tpu Babinsa Sertu Sutarno melaksanakan pendampingan kepada Petani dalam rangka panen padi bertempat di lahan Sawah Desa Panca Agung Kec Tanjung Palas Utara, Jumat (7/6/2024).

Anggota Koramil 0903-04/Tpu, Babinsa Sertu Sutarno, melaksanakan pendampingan kepada petani dalam rangka panen padi di Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara. Panen padi kali ini dilakukan di lahan seluas 0,5 hektar milik Bapak Samuri, dengan jenis padi Bio Selin 2 yang berhasil menghasilkan 2,5 ton padi. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kodim 0903/Bulungan untuk mendukung ketahanan pangan di wilayahnya melalui pendampingan langsung kepada para petani.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Sertu Sutarno mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman, hingga proses panen. “Kami selalu siap mendampingi petani dalam setiap tahap budidaya padi. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi TNI AD dalam mendukung ketahanan pangan nasional,” ujar Sertu Sutarno.

Jenis padi yang ditanam, Bio Selin 2, dikenal memiliki produktivitas yang tinggi dan tahan terhadap berbagai penyakit tanaman. Hasil panen 2,5 ton dari lahan seluas 0,5 hektar ini dianggap cukup baik dan memberikan motivasi bagi petani lainnya di Desa Panca Agung untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian mereka.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa tidak hanya fokus pada teknis pertanian, tetapi juga memberikan motivasi dan semangat kepada para petani untuk terus berinovasi dan bekerja keras. “Kami berharap, melalui pendampingan ini, para petani semakin bersemangat dan termotivasi untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, kami juga terus mendorong penggunaan teknologi pertanian yang lebih modern untuk meningkatkan hasil panen,” tambah Sertu Sutarno.

Kegiatan panen padi ini juga melibatkan Kelompok Tani Mulyo yang secara aktif bekerja sama dengan Babinsa dan petani lainnya di desa tersebut. Kelompok tani ini berperan penting dalam mendistribusikan informasi dan teknologi pertanian kepada anggotanya, sehingga proses budidaya padi dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya dukungan dan pendampingan dari Babinsa, diharapkan produktivitas pertanian di Desa Panca Agung dapat terus meningkat. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Kegiatan seperti ini juga mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat, khususnya para petani. Babinsa Sertu Sutarno berharap kerjasama yang baik ini dapat terus terjalin, sehingga tujuan bersama untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani dapat tercapai.

Dalam kesempatan ini, Babinsa juga mengingatkan para petani untuk tetap menjaga lahan mereka dan terus berinovasi dalam metode pertanian. “Semoga hasil panen kali ini dapat menjadi pemicu semangat bagi kita semua untuk terus bekerja keras dan menghasilkan yang terbaik bagi keluarga dan masyarakat,” pungkas Sertu Sutarno.

Bapak Samuri, pemilik lahan, menyampaikan rasa terima kasihnya atas pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa. “Dengan adanya pendampingan dari TNI, khususnya dari Babinsa Sertu Sutarno, kami merasa sangat terbantu. Hasil panen kali ini cukup memuaskan, dan kami berharap pendampingan seperti ini terus berlanjut,” kata Bapak Samuri.

BERITA LAINNYA