Home ยป Kodim 0903/Bulungan Resmikan Kampung Pancasila

Kodim 0903/Bulungan Resmikan Kampung Pancasila

Info Kaltara

Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan melaksanakan kegiatan Peresmian Kampung Pancasila bertempat di Jalan Gelatik Kel Tanjung Selor Hilir Kec Tanjung Selor, Kab Bulungan, Rabu (6/4/2022).

Hadir dalam kegiatan antara lain Bupati Bulungan bapak Swarwani, S.Pd M.Si, Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH, Ibu Aluh Berlian Wakil Ketua 2 DPRD Kab. Bulungan
, Bapak Jan Oktavianus, SH MH Plt Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Selor, Kepala Kejaksaan
Negeri Bulungan diwakili Haeru Kasi pitsus Kejaksaan, Ketua FKUB Kab. Bulungan, bapak H. Achmad Sidiq S.IP, Kepala Satpol PP dan PMK Kab Bulungan bapak Wilson Ului, Bapak Widi Kesbangpol Kab Bulungan, Bapak Jamal Shaleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Bulungan, Camat Tanjung Selor bapak Ardiansyah, tokoh adat, tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.

Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH mengatakan disebut sebagai Kampung Pancasila Karena merupakan Desa/Kelurahan yg majemuk terdiri dari berbagai macam Ras suku dan agama tetapi sangat rukun dan damai memiliki nilai toleransi agama yg tinggi, Pasalnya di desa ini terdapat berbagai macam penganut agama yang hidup damai dan rukun, terbukti dari rumah Ibadah yang letaknya saling berdekatan dalam satu area, masyarakat tetap saling menghargai dan tolong menolong antar sesama.

Latar belakang terbentuknya kampung Pancasila menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagia pedoman Rakyat Indonesia dalam Berbangsadan Bernegara, sebagia contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di Masyarakat, sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama.

Lebih lanjutnya sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan Agama,Suku dan Ras dan adanya kerukunan dalam Masyarakat di Daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

Adapun tujuan dibentuk Kampung Pancasila adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat dikampung Pancasila, karena penduduknya beragama, untuk menanamkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

Lebih lanjutnya untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila, untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga Negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para pemimpin Bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar Negara.

Sedangakan program-program yg akan disosialisasikan terdiri dari, wawasan kebangsaan, pengamalan Pancasila, kerukunan antar umat beragama, bahaya laten Komunis dan Radikalisme, melaksanakan pembersihan tempat-tempat ibadah, mengaktifkan Pos Kampling, Posko Covid-19 serta rekrutmen/penerimaan Comcad.

Sehingga diharapkan dari program- program tersebut, dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat, Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul dan mencegah terkontaminasi paham Radikalisme.

Dengan dibentuknya kampung Pancasila ini keberagaman Suku, Ras dan Agama kedepan dapat terus tumbuh toleransi, kebersamaan, gotong royong di lingkungan masyarakat.

BERITA LAINNYA